Pages

Jumat, 20 Juli 2012

KKL TERPADU 2012


Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Terpadu  Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang 2012
Puji Syukur (Alhamdulillah) Allah telah memberikan nikmat sehat dan selamat sehingga saya masih bisa mengikuti KKL Terpadu Jurusan Pendidikan Ekonomi FE Unnes Tahun 2012. Tema KKL yang ditentukan oleh panitia tahun ini adalah “FUN, TALENT, AND SMART”.
            KKL tahun ini Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran FE Unnes berkunjung ke Lembaga Administrasi Negara (LAN) tepatnya pada hari Senin tanggal 16 Juli 2012. Kami (rombel PAP.A 2011) yang didampingi oleh dua orang dosen yaitu Pak Ade Rustiana dan Pak Hengky Pramusinto berangkat pada hari Minggu, 15 Juli 2012. Upacara pemberangkatan dimulai pukul 10.00 WIB padahal bis diberangkatkan pukul 13.00 WIB. Selain berkunjung ke LAN kami juga mengagendakan berwisata ke beberapa lokasi diantaranya yaitu Dufan/Ancol, Ciater, Tangkuban Perahu dan ditutup dengan wisata belanja di Cibaduyut.

          
Ini Foto Saat Upacara Pemberangkatan di Lapangan FE (Sangat Panas)
            Di hari pemberangkatan malam harinya kami singgah untuk makan malam di Pesona Lombok Ijo, Tegal sekitar pukul 20.00 WIB.


Foto bersama di Tugu Rumah Makan Lombok Ijo, Tegal
Hari pertama kunjungan, kami tiba di Hotel Mega Matra di Matraman Jakarta Timur sekitar pukul 04.30 WIB.
      
Foto di Sekitar Hotel Mega Matra
Kami disambut di LAN Senin, 16 Juli 2012 pukul 09.00 WIB oleh Bagian Humas dan Publikasi LAN. Dari pihak Unnes sambutan diwakili oleh Bapak Drs. Muhsin, sedangkan dari pihak LAN sambutan diwakili oleh Ibu Evi Diana Trisulo, SH., MH. Selaku Kasubbag Humas dan Publikasi LAN. Pada kesempatan yang sama, hadir pula Kepala Bagian Humas dan Publikasi LAN yaitu Ibu Ervi Mutmainah, SS., MA. beserta staf antara lain Pak Rusli (Senior Officer), Pak Adi (Photographer), dan Mas Coki (Graphic Designer). Dari pihak Unnes peserta KKL didampingi oleh beberapa dosen diantaranya yaitu Bu Ismiyati, Bu Nina Oktarina, Pak Ade Rustiana, Pak Hengky Pramusinto dan Pak Sam Suhadi. Acara dimulai pukul 09.00 tepat dan diawali dengan pemaparan materi oleh Ibu Ervi. Belia mengawali pemaparan materi dengan pemutaran profile company LAN yang memuat Visi dan Misi LAN sebaga lembaga pemerintahan non-kementrian. Visi LAN pada intinya yaitu sebagai Institusi yang handal dalam pengembangan sistem Administrasi Negara guna peningkatan kompetensi sumber daya manusia penyelenggara negara (aparatur negara). Adapun Tugas Poko atau Fungsi dari LAN sendiri ada 2 hal yaitu melakukan Kajian bidang Administrasi Negaran dan Menyelenggarakan Diklat dan Pembinaan untuk aparatur negara.
            Setelah dipaparkan mengenai profile company dari LAN, moderator membuka sesi tanya jawab dalam dua termin. Termin pertama ada empat penanya yaitu: Ibnu Romadhoni dan Amin Wasono dari PAP.A serta Yundra Karina dan Indri dari PAP.B. Adapun yang ditanyakan sangat beragam, saya hanya ingat bahwa mereka semua menanyakan hal yang berkaitan dengan kewenangan LAN dalam penanganan kegiatan administrasi negara yang berkaitan dengan PNS. Amin Wasono menanyakan bagaimana pelaksanaan administrasi negara sebelum adanya LAN. Ibnu menanyakan bagaimana tindakan dari LAN atas pemberitaan bahwa hanya 5% saja dari PNS yang memiliki keahlian. Indri menanyakan adakah role model atau negara yang dijadikan LAN sebagai referensi dalam menerapkan kebijakan. Terakhir Yundra menanyakan mengenai Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Negara (STIAN). Jawaban semua diberikan oleh Ibu Ervi selaku pemateri. Ternyata jawaban yang dimaksudkan dari pertanyaan Ibnu adalah bahwa 5% dari PNS di Indonesia tidak memiliki keahlian khusus. Ada hal yang menarik ketika Ibu Evi ikut menjawab pertanyaan Amin bahwasanya kita sebagai mahasiswa Administrasi Perkantoran harus mengerti dulu apa sih administrasi, apa sih administrasi perkantoran. Karena tidak ada yang berani menjawab, kemudian Ibu Evi malah mengeluarkan pernyataan bahwa menurut Kepala LAN yang pertama yaitu Prof. Dr. Prajudi Atmosudirjo mengatakan bahwa administrasi selalu berkaitan dengan 2 hal yaitu manajemen dan organisasi, kemudian yang beliau tanyakan kepada peserta kunjungan waktu itu adalah “Siapa yang bisa menjawab apa sih itu Manajemen?” ternyata saya keduluan Amin Nitami PAP.B yang menjawab, dan dia mendapat hadiah yang lebih besar dibanding empat penanya pertama, dia mendapatkan buku agenda sedangkan penanya lain mendapat note kecil biasa. Berlanjut ke pertanyaan termin kedua kali ini saya mendapat kesempatan bertanya, selain saya ada juga Angga Adistya Wijaya dan Elisa Permatasari. Yang saya tanyakan adalah apakah pegawai LAN dalam melaksanakan pekerjaan kantornya masih menggunakan stenografi? Ternyata jawabannya tidak. Ibu Evi menegaskan, stenografi tidak digunakan tetapi memang perlu keahlian khusus, karena ditemui hanya satu orang saja yang menguasai stenografi di LAN dan beliau adalah dosen Manajemen Bisnis. Mendengar jawaban tersebut hati saya sontak kaget (Wow! Terus nantinya apakah setelah kami tidak menjadi mahasiswa stenografi itu juga kami perlukan?) Hmmm inilah potret relevansi pendidikan di Indonesia (Lhoh kok malah jadi ngomongin pendidikan) next...
      
Dosen Pendamping Foto Bersama Pihak LAN dan Kami Foto di Depan Gedung LAN
            Kunjungan di LAN selesai tepat pukul 11.00 WIB dan kami tutup dengan acara foto-foto bersama. Perjalanan hari Senin lalu kami lanjutkan ke Dufan.
            Hari berikutnya kami jalan-jalan ke Sumber Air Panas Ciater. What a beatiful place it is! Airnya hangat dan sayapun tidak ingin melewatkan saat itu untuk merendam kaki yang berjam-jam duduk di bis.

Sebelum perjalanan berlanjut saya sempatkan untuk belanja oleh-oleh makanan khas Bandung untuk keluarga dirumah.
            Ditengah perjalanan menuju Tangkuban Perahu, kami singgah di Grafika Cikole Restaurant untuk makan siang.

       
Makan Di Grafika Cikole
Sesampainya di Tangkuban Perahu tak lupa saya sempatkan untuk berfoto bersama teman-teman.
     

      
            Lelah memang tapi hasrat untuk belanja tak terbendung sesampainya di Cibaduyut Selasa Malam. Saya berburu Kepala Hello Kitty (Bantal) dan Tas Tangan. Selain itu saya juga membeli Kaos Bandung untuk keluarga, Jam Tangan Hello Kitty dan tak lupa souvenir gantungan kunci Bandung.
Akhirnya selesai juga perjalanan KKL FE Unnes 2012 untuk Jurusan Pendidikan Ekonomi FE Unnes. Menyenangkan dan tentunya InsyaAllah dapat ilmu yang bermanfaat dari lembaga yang kami Kunjungi Terima Kasih LAN ( humas@lan.go.id )


1 komentar: