Pages

Rabu, 29 Juni 2016

Sharing #Part2: On The Spot Essay Writing

LGD & Essay On The Spot: Kamis, 19 Mei 2016
Kelompok 13 B
Essay: jam 11.20-11.50

Akhirnya jadwal essay maju, menjadi jam 11.00 kami memasuki ruangan, ada 3 kelompok A, B dan C. Saya sendiri kelompok 13 B. Kami bersiap-siap untuk menulis essay dan pastinya kami belum mengetahui apa saja topiknya. Saat membuka soal, taraa ternyata topiknya unpredictable, saya mendapat pilihan topik: 1) Persaingan pasar global mendorong Indonesia yang lebih efisien, 2) Homoseksual, Transgender merupakan penyakit mental.

Apa ini? Topik yang jauh dari apa yang selama ini saya baca. Kita ketahui bahwa LGBT sempat diberitakan sudah lama, dan terhitung sudah jarang diberitakan di TV. Kemudian pasar global, berbicara pasar global, cakupannya luas, apa yang harus saya tulis.


Tiga menit saya pertimbangkan akan menulis apa dan bagaimana alurnya. Akhirnya saya menentukan untuk memilih topik yang pertama tentang persaingan pasar global, hal ini karena saya diminta untuk parafrase dari artikel surat kabar ternama, saya sudah lama tidak mengikuti berita tentang LGBT sehingga saya merasa kurang kuat untuk menulis itu tanpa dasar. Sedangkan saya memilih topik pertama karena saya saat hari sebelumnya saya sempat membaca tentang perekonomian yang memiliki harapan untuk mengalami pertumbuhann di rubrik harian Suara Merdeka yang saya beli di bis sewaktu perjalanan menuju Yogyakarta. Meskipun harian tersebut adalah koran Jawa Tengah, tapi saya sudah berusaha untuk mengingat artikelnya sebagai bahan parafrase. Akhirnya saya mulai menulis sekitar pukul 13.05. Saya mulai menulis. Saya memutuskan untuk membuat 4 paragraf dimana paragraf 1 berisi urain parafrase dari surat kabar, paragraf kedua saya mulai menulis tentang potensi untuk mendukung persaingan pasar global dan kenyataannya dalam hal tantangan. Paragraf 3 saya mulai menuliskan argumen sekaligus diikuti dengan solusi yang dapat diimplementasikan. Paragraf 4 (terakhir) saya coba untuk merangkum semua dari awal dan mengakhiri dengan kesimpulan. Masih ada waktu  7 menit tersisa saya gunakan untuk membaca kembali tulisan saya, memastikan apakah koheren atau tidak. Waktu habis dan semua meninggalkan ruangan. Kami menuju musholla untuk shalat dzuhur dan melanjutkan kembali seleksi LGD pukul 13.00.

More Seleksi Substantif: Leaderless Group Discussion (LGD)

1 komentar:

  1. HAI TEMAN tau tidak, sekarang kamu tidak akan ketinggalan untuk menonton drama korea kesukaan kamu, cukup download aplikasi MYDRAKOR di GooglePlay gratis. MYDRAKOR aplikasi terbaik dan terupdate, banyak pilihan film drama korea terbaru, tunggu apalagi, sangat mudah untuk download MYDRAKOR di hp kamu..

    https://play.google.com/store/apps/details?id=id.mydrakor.main&hl=in

    https://www.inflixer.com/

    BalasHapus