Pages

Start from Banjarnegara
(with www.empatenamtour.com)

(Loc: Tanjung Gelam)

Assalamualaikum! Setelah sekian lama gak ngisi blog dan terlalu sibuk nugas >_< akhirnya kesampaian juga nulis lagi. Kali ini tentang cerita jalan-jalan lagi nih setelah lama gak jalan-jalan jauh terakhir ke Pacitan 2 tahun lalu yang perjalanannya emejing dan bikin kapok kesana lagi padahal sekarang udah lebih deket karena settle di Solo. Tapi kalau diajak kesana lagi mikir-mikir lagi deh hehe. Oke kali ini saya akan bahas tentang trip to Karimunjawa. Kepulauan ini terkenal dengan pantainya yang indah, ya bisa dibilang The Paradise of Central Java. Nah saya ingin share disini karena masih jarang orang Banjarnegara yang nulis tentang pengalaman trip kesana nih. Mana nih orang Banjarnegara yang udah ke Karimunjawa, cung!!! Karena setiap saya googling itu gak ada yang muncul tentang detail perjalanan dari Banjarnegara ke Karimunjawa. Kebanyakan malah orang Jakarta, Bandung dan sekitarnya.

Oke BTW terlalu banyak intro nya ya, langsung aja deh saya ceritakan disini.
Awalnya pernah nyeletuk ke beberapa orang terdekat, “pengin ke Karimunjawa, tapi kapan ya” waktu itu posisi masih kuliah di Semarang, kan deket tuh, tapi malah cuma sampai Bandengan aja. Giliran udah lulus tahun 2016 dan stay di Banjarnegara keinginan itu muncul lagi karena kangen banget main di pantai. Eh tapi ya maklum freshgraduate, budget belum mendukung T.T
Akhirnya Alhamdulillah tahun 2017 ada saving yang emang sebenernya udah diniatin buat refresh (waktu itu sih belum nentuin mau kemananya). Sampai suatu ketika udah puncak banget penatnya, dan bingung nih mau ngajakin siapa, akhirnya terbesit nama satu temen yang emang “senasib” (dalam banyak hal yang gak bisa saya ceritakan disini wkwk) namanya Betanika, orang Boyolali. Tapi langsung aja deh saya ajakin dia mendadak waktu itu dua minggu sebelum tanggal trip. Kita nentuin “ke Karimunjawa yuk!” dan akhirnya nyari-nyari open trip murah dan dapat deh dari www.empatenamtour.com  (recommended and you must try) ambil yang 3 Hari 2 Malam. Terus kita putuskan pakai kapal Ferry yang jalannya 5 jam  -_- niat kita mau irit dan kita alihkan budget untuk menginap di Homestay Kotabaru karena pertimbangan Ferry berangkat jam 05.30 dan Express berangkat jam 09.00, kalau naik Express pun kita tetap harus nginep dulu di pelabuhan Kartini Jepara jadi kita putuskan naik Ferry! Jadi tahapannya kita cari opentrip, Mbak Beta booking ke paket wisata, terus telfon travel (Purwokerto-Semarang, Semarang-Jepara). Detail budget ntar saya ceritakan dibawah. Saya ceritakan dulu proses perjalanan Banjarnegara-Karimunjawa dulu ya…

H-1 (sebutin hari aja ya gausah tanggal wkwk) Hari Kamis saya putuskan untuk berangkat dari Banjarnegara dengan memesan Travel Purwokerto-Semarang (Trikusuma) dan ada drama dimana harusnya jam 13.30 udah dijemput travel tapi HP mendadak hilang sinyalnya karena habis jatuh huhu, akhirnya saya diantar tetangga ke tempat Travel nya deh di RSI Bawang dan baru berangkat pukul 14.30, jadi supirnya udah bete banget nungguin sejam hehe. Dan sekitar pukul 06.55 saya baru sampai  di Sukun Semarang dan didrop disitu karena rekomendasi pak supir yang bilang supaya lebih cepet saya disuruh naik bis ke RSI Sultan Agung (travel yang ke Jepara nunggu disana). Akhirnya saya putuskan telfon ke agen Travel Semarang-Jepara (Kencana Travel recommended for you) supaya jangan ditinggal karena takut kemalaman kalau ikut yang jam 08.00 dan akhirnya memang travel posisi masih di pool (dekat Simpang Lima), jadi masih ada waktu 30 menit saya bisa sampai di RSI Sultan Agung sebelum travel datang. Dan akhirnya ada bis Nusantara dari Jogja, saya putuskan naik (padahal harusnya pakai tiket hihi) dengan PD nya saya duduk, setelah melewati dua tol, saya berdiri dan meminta turun di RSI Sultan Agung, kemudian buka dompet dan bilang “Pak saya naik dari Sukun tadi”, terus pak kondektur nya bilang “gak usah mbak”, hahaha alhamdulillaah dikasih gratis, mungkin muka saya terlalu melas karena sendirian wkwk. Sesampainya di depan pintu keluar RSI, sudah ada Mbak Beta di Pos Satpam yang sudah sampai dari jam 17.30 dan saya baru sampai di RSI 19.30 artinya Mbak Beta nunggu saya 2 jam hehe yakali dari Boyolali kan deket, dia udah berangkat dari jam 15.00. Gak lama kemudian, Travel Kencana datang dan kami menuju Jepara. Mobilnya bagus dan nyaman, enak lah pakai Travel Kencana, recommended, dan fast response.

Akhirnya kami sampai di Homestay Kotabaru pukul 22.00 artinya 2,5 jam dari Semarang, kita pilih karena masuk di Traveloka, tapi saya sendiri prefer langsung telfon ke homestay di hari Rabu nya, dan langsung dibooking-kan. Enak banget disini lengkap fasilitasnya kamar mandi nya banyak, dan ada mushola nya, sayangnya tidak ada kafetaria nya jadi pesen saya kalian harus bawa stock makanan kalau gak makan dulu di Semarang biar gak kelaparan seperti saya dan akhirnya milih langsung tidur setelah shalat. Saya sendiri hanya bawa minum air putih (tumblr) ya biar gak nyampah karena bisa diisi ulang (recommended) dan biscuit plus keripik, ini kurangg banget. Jadi bawalah makanan yang banyak, serius!

Pagi harinya saya bangun pukul 04.00 di hari Jumat dan bersiap untuk ke dermaga Kartini karena kami harus sudah disana pukul 05.30 untuk ambil tiket kapal yang dibelikan oleh petugas empatenamtour. Cukup jauh jalan kaki dari Kotabaru, jam 05.00 kami keluar dan sekitar 15 menit sampai di dermaga. Karena harus keluar dulu dari area wisata Pantai Kartini, baru masuk ke gerbang dermaga. Ini bikin keringetan juga sih. Saya dan Mbak Beta langsung menuju ke kapal dan mencari tempat duduk yang nyaman, depan TV, supaya gak bosen karena 5 jam terombang ambing di lautan. Nah kapal mulai bertolak nih, dan setelah tidur, bangun, makan pop mie seharga 15 ribu T_T (nyesel banget sih gak makan nasi dulu di dermaga) terus tidur lagi, terus jalan-jalan ke atas kapal, akhirnya tampaklah kepulauan Karimunjawa, dengan airnya yang jernih, aah pokoknya paradise lyke banget hehe (apaan sih).

Sesampainya di dermaga Karimunjawa kami langsung dijemput oleh Mas Damar (kru dari empatenamtour), kami juga bareng sama adek-adek dari Jakarta dan ternyata mereka setrip selama tiga hari sama saya dan mba Beta. Homestay yang disediakan gak jauh dari dermaga. Dan kamipun tiba di kamar pukul 12.00 kemudian langsung makan (yang ditunggu-tunggu banget) terus istirahat sholat ganti baju, touch up. Pukul 14.00 kami langsung berangkat untuk snorkeling di Spot Maer, tapi Nemo yang dicari gak muncul, hanya ikan Dori aja. Ini pengalaman saya pertama kali snorkeling, pakai alat snorkeling, nyemplung di laut dengan kedalaman 3-4 meter (walaupun pakai pelampung) dan sensaninya bener-bener deg-degan, karena gak bisa renang wkwk. Tapi pas udah  nyemplung, byurrrr segerrrr, dann mulai kelihatan karang yang bagus dan ikan-ikan kecil seliweran di depan mata. It was exciting! Setelah sekitar 30 menit berendam dan menikmati indahnya underwater view, kami melanjutkan ke spot berikutnya yaitu melihat sunset di Pantai Tanjung Gelam. Pas awal datang sih masih sepi, eh lama kelamaan banyak yang datang dan jadi rame, sampai gak sempat foto di pohon kelapa miring khas Tanjung Gelam. Tapi gapapalah, karena dapet spot foto bagus juga sih Alhamdulillaah.

(Loc: Snorkeling Spot Maer)

(Loc: Pantai Tanjung Gelam)

Pukul 17.00 kami kembali ke Homestay dengan perjalanan laut naik kapal ditemani indahnya sunset. Tiba di homestay langsung deh istirahat, padahal tadinya mau ke alun-alun (lebih mirip pasar kecil sih bukan alun-alun di kota yang besar kayak di tempat kita hehe), tapi mbak Beta tepar, tidur pulas. Ya sudah akhirnya saya juga ikut tidur setelah makan dan shalat isya.

Next day, hari Sabtu nya, kami lanjutkan explore di Karimunjawa dan dimulai dengan Snorkeling di dua spot. Sebenernya heran juga sih sampai 3x snorkeling, tapi memang apalagi kalau gak snorkeling, sayang kalau dilewatkan karena jarang lihat air jernih. Hehe. Kali ini snorkeling di dekat Pulau Menjangan, ombak waktu itu cukup besar karena menjelang siang, dan kali ini juga spot karangnya cukup dangkal jadi harus hati-hati sekali kaki nya jangan sampai nyentuh karang. Dingin iya, panas iya, pokoknya jadi gosong kulitnya haha. But it’s Fun! Mbak Beta yang udah pakai rok mini gak mau snorkeling lagi haha.

Selesai snorkeling di dekat Menjangan kecil, kemudian kami dibawa ke Menjangan Resort untuk makan siang ikan bakar, Oh iya sebelumnya kami main-main dulu nih di ayunan setibanya pukul 10.30. Bagus di Menjangan Resort ini walaupun ramai tapi tetap kondusif buat cari spot foto sih. Lumayan lah. Dapet banyak spot disini, sampai bingung mau ambil foto dengan gaya apalagi hehe.

Tiba waktu dzuhur dan makan tapi saya sendiri sih kurang suka, karena tempatnya gak begitu bersih (meja makan) dan yaa gak biasa dengan yang dibakar-bakar, tapi karena lapar ya udah lah makan juga akhirnya hehe. Setelah makan saya pun langsung shalat di mushola dekat resort. Nyaman sih bisa tetap ada tempat untuk shalat.

Karena ada member trip baru, guide dan pemilik kapal kemudian menjemput ke dermga sekitar pukul 13.00 dan kamipun sampai disuruh untuk main-main dulu sampai pukul 14.00 lebih. Bener-bener puas deh disini dan puas pakai trip dari empatenam tour, walaupun pantai yang dikunjungi hanya dua tapi bisa quality time menikmati pantai.

Setelah dari Menjangan resort, kami pun mampir di penangkaran hiu, tapi karena ramai dan takut juga sih namanya juga hiu, kucing jinak aja bisa aja nyakar apalagi hiu, ya walaupun hiu jinak. Plus harus bayar juga, jadi udah males deh saya sama mbak Beta hanya duduk-duduk di kursi dekat kapal.
Akhirnya selesai sudah di Karimunjawa sore itu. Kemudian kami pun tinggal ambil foto dari guide.

Hari Minggu pagi pukul 06.00 kami sudah harus ke dermaga Karimunjawa untuk kembali ke Jepara. Di tengah perjalanan, malah hamper sepanjang perjalanan, ombak nya berasa banget jadi sempet bikin pusing, sampai saya tidur di kursi hehe, heran juga kenapa ombaknya besar, padahal pas berangkat lancar dan tenang-tenang aja tuh ombak. Hehe

Oke finally ini dia saya berikan rincian biaya trip dari Banjarnegara ke Karimunjawa
(pengalaman pribadi untuk 1 orang):
Berangkat:
Travel Banjarnegara-Semarang (saya naik Trikusuma agen Purwokerto yang melewati Banjar) Rp 100.000 turun di Terminal Bayangan Sukun lanjut naik bis Jogja atau Solo yang ke Terminal Terboyo, saya naik Nusantara gratis hehe Turun di RSI Sultan Agung di jembatan layang pintu keluar (biasa buat dropping orang yang ganti bis).
Dari RSI Sultan Agung Semarang - Homestay Kotabaru Jepara saya naik Kencana Travel Rp 50.000
Homestay Rp 150.000 per kamar (karena saya berdua jadi sharing cost saya mengeluarkan Rp 75.000)
Paket Trip empat enam tour open trip 3 hari 2 malam Rp 650.000 (udah include tiket PP Karimunjawa-Jepara,  snorkeling 3x, island hopping 2 pulau, makan 6x, homestay nyaman, minum air panas ada air dingin ada, FREE WIFI, di Karimunjawa sinyal telkomsel yahud banget)
Jajan Pop Mie 15.000 di kapal -_-
Jajan Roma Malkist abon 10.000 di Karimun -_-
Pulang:
Jepara-Semarang (naik dari dermaga turun di RSI Sultan Agung) Kencana Travel Rp 50.000
RSI Sultan Agung - Terminal Bayangan Sukun naik Safari bayar Rp 5.000
Travel dari Sukun - Rumah Rp 100.000
Makan bakso di Temanggung habis Rp 20.000
Total Rp 1.075.000 (Worth it lah sama masa penantian, nabung, dan view yang teope begete hehehe)