Pages

Rabu, 29 Juni 2016

Sharing #Part1: Seleksi Substantif Beasiswa Afirmasi LPDP 2016 Batch 2


Alhamdulillah setelah menunggu sekitar 2 minggu, akhirnya tanggal 27 April 2016 saya mendapatkan email malam hari, yang menyatakan bahwa saya lolos seleksi administrasi. Jadwal seleksi substansi kemudian dikirim beberapa hari berikutnya, saya yang memilih lokasi Yogyakarta mendapat jadwal tanggal 18-20 Mei 2016. Setelah menunggu jadwal individu akhirnya saya mendapat jadwal 19 – 20 Mei 2016 dengan ketentuan tanggal 19 Mei 2016 adalah jadwal verifikasi dokumen, on the spot essay writing dan Leaderless Group Discussion (LGD). Sambil menunggu hari seleksi saya ikuti grup Line seleksi substansi Yogyakarta. Banyak topik essay dan LGD dari berita terhangat saat itu. Teman-teman di grup selalu berbagi topik terkini yang mungkin menjadi topik essay dan LGD diantaranya saat itu; Kasus Yuyun (Kekerasan Seksual), Kasus Penyanderaan Abu Sayyaf, E-commerce, Ujian Nasional Perbaikan, Buruh Migran, Energi Terbarukan, MEA, Narkoba di lingkungan pemerintah, regulasi Drone, Reklamasi Teluk Jakarta, Kasus Suap Nurhadi MA, Kenaikan Tarif BPJS,  Pembunuhan Dosen di Medan, Hukuman Kebiri. Rasanya banyak sekali yang harus dipelajari bagi saya yang tidak terbiasa menonton berita hehe >_<

Nah untuk melatih berbicara dan berdiskusi, maklum udah lama lulus jadi lama tidak diskusi di forum jadi lidah agak kaku :D saya banyak berdiskusi dengan teman saya Bayu Rizky Pratama dan Andikka Eko Prasetyo. Bayu apply ke Jepang, Andikka apply ke Australia, nah sayaaa di Surakarta saja haha, agak minder sedikit karena jadi kaum minoritas yang daftar kampus dalam negeri. Sedangkan di grup ramai membahas studi luar negeri, kalau kata anak jaman dulu mah “hufft” haha. But thanks to him, to you both Bayu dan Andikka udah nyempetin waktu buat sharing topik-topik LGD dan essay.

Oke mendekati hari H, rasanya semua sudah dikerahkan, semangat, belajar topik dan persiapan penampilan alias packing pilih baju, walaupun pada akhirnya pilih batik biar aman hihi. Saya berangkat dari Semarang tanggal 18 Mei 2016 dan menginap di kos mbak Luthfia, thanks to her, mbak kos sekamar waktu kuliah S1 yang lagi tesis, awardee LPDP tahun 2014.


Tibalah hari dimana saya harus melewati hari seleksi substantif pertama. 19 Mei 2016, saya sampai di gedung Keuangan Negara sekitar pukul 09.00 1 jam sebelum jadwal verifikasi yang ternyata maju. Semua berkas alhamdulillah lolos semuanya, oleh mas verifikator pas baru duduk langsung ditanya, "mbak udah nikah ya?". Saya jawab belum, terus masnya tanya, "itu ada cincinnya di jari manis kanan, kirain udah nikah mbak (sambil ketawa)" saya jawab lagi, “belum mas ini cincin beli sendiri” (nyesek juga jawabnya, haha oke lupakan). Sampai mbak verifikator yang disebelahnya bilang ke masnya, "kamu, fokusnya itu ke berkasnya, malah kesitu” malah jadi saya yang dibercandain :D alhamdulillah hari pertama lancar untuk verifikasi berkas. Setelah itu saya duduk lagi, ternyata menemukan teman baru yang duduk di sebelah saya Gita Dwi Anjayani (Kehutanan UGM),  Mas Raditya Bayu dan Aggie Brenda Vernandez, rasanya excited banget ketemu orang yang dari sebelum-sebelumnya susah banget dicariAkhirnya kami pun berkumpul untuk menunggu jadwal essay dan LGD, kita tidak boleh menunggu di luar, harus tetap stay di ruang verifikasi. Saat itu kami masih ber-6 (saya, Arnita, Dita, Aggie, Gita dan Bayu) artinya kurang 4 orang lagi. Kami hanya diskusi sekilas, tanpa simulasi LGD. More about Seleksi Substansi: On The Spot Essay Writing.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar