Pages

Selasa, 26 November 2013

TRIP to BROMO

Senin, 25 November 2013

Kami berangkat dari Griya Brawijaya, saya, Bang Rahmad (USU), Bang Rozie (USU) dan Nafis (UIN Maliki Malang) pukul 00.30 menuju Bromo untuk melihat Sunrise. Perjalanan 2,5 jam dari Universitas Brawijaya. Selama perjalanan saya tidur dan bangun setelah sampai di puncak Point of View Sunrise Bromo. Pukul 03.40 kami sampai di puncak dan menunggu waktu sholat Subuh, airnya dingin sekali seperti es.

Seusai sholat subuh kamipun naik dan menuju tempat pandang. Disana kami berkenalan dengan turis dari Belanda, yang kurang ramah. Akhirnya kami pun menuju tempat lain untuk melihat sunrise.

Disana kami malah ditawari oleh seorang turis dari Perancis apakah kami mau difotokan. Namanya Mariane, sangat ramah dan ketika saya bertanya nama dan darimana ia pun menjawab dengan ramah, saya mengenalkan diri saya dan ia bertanya apakah saya adalah pelajar, saya jawab iya kemudian ia bertanya dimana saya kuliah, saya jawab saya kuliah di Semarang State University dan asal saya dari Banjarnegara.

With Mariane

With Sophie

Kemudian ia bercerita bahwa dia adalah Event Organizer dan pernah kuliah Etnografi, ia sebulan di Indonesia untuk liburan musim dingin. Kemudian saya bertanya apakah ia di Malang sendirian, ia jawab tidak karena dia bersama temannya, Sophie namanya. Kemudian ia meminta saya mencari alamat facebooknya. Senang sekali rasanya. Dia bercerita bahwa kameranya tertinggal di pesawat. Kasihan, tapi dia tetap ceria sambil melihat sunrise kami mengobrol cukup lama. Kemudian giliran Sophie, ia menanyakan alamat e-mail saya untuk mengirim foto yang diambil dari kameranya. Saya sempat tanya kepada Mariane bagaimana pendapatnya tentang Indonesia, ia menjawab menyenangkan karena orang Indonesia baik dan ramah, tidak seperti di Perancis. Kemudian dia bertanya, kenapa orang Indonesia kalau bertemu dengan turis asing meminta foto, nah ini dia yang lucu, saya juga sempat bingung mau jawab apa, karena memang ada kepuasan tersendiri bisa berfoto dengan turis asing, saya jawab saja karena kami orang Indonesia sangat senang bertemu dengan wisatawan asing yang datang ke Indonesia. Sungguh menyenangkan sekali mereka berdua (Mariane & Sophie) sangat ramah.

Bahkan ketika Nafis bilang maaf bahasa inggrisnya kurang baik, Mariane menjawab tidak apa-apa dan ia mengaku bahwa ia bisa berbahasa Indonesia walaupun hanya 2 kalimat: terima kasih dan selamat pagi  J mereka berdua senang sekali bertemu dengan kami dan begitu pula dengan kami, sungguh pengalaman yang luar biasa, semoga saya bisa bertemu Mariane dan Sophie lagi di Perancis kelak J

Perjalanan kami lanjutkan ke Puncak Gunung Bromo.. Mendakiiii.. Yeay! Pengalaman pertama naik gunung, Bromo keren sekali, dengan lautan pasirnya dan bukit-bukit teletubies, Pasir Berbisik dan Savana yang sangat indaaaah... Pengalaman ke Bromo yang sangat luar biasa! Disana juga kami jumpa lagi dengan Sophie dan Mariane, ketika di Puncak ia bertanya apakah saya lelah, saya jawab iya sangat lelah karena banyak tangga yang harus dinaiki -__-

Alhamdulillaah, keinginan dan harapan menuju puncak gunung tercapai tanpa diduga, ALLAH memberi rezeki yang tidak disangka-sangka.. Berharap bisa ke Semeru kelak J

INDONESIA ENTREPRENEUR CAMP 2013 Brawijaya University #Day4

Minggu, 24 November 2013

Akhirnya saatnya Outbond dan Fieldtrip!

Azizah Zeinita (ITS), Indah Dwi Astuti (UNJ), Anis Susanti (UNNES)
(Trio Bingits) kemana-mana nyanyi lagunya Tulus :D

Outbond dilaksanakan di Kebun Raya Purwodadi. Disana kami dipandu oleh pak Andik Top dan bermain angkat ember yang membutuhkan koordinasi dan kerjasama tim. Selesai dari lokasi outbond sekitar pukul 10.00 kami menuju ke tempat industri Bakpao Telo. Kami  diterima kunjungan dan diberi kesempatan mencicipi bakpao telo dan berkeliling pabrik.

Setelah selesai kunjungan industri, perjalanan kami lanjutkan menuju Agrowisata di Batu, disana kami memetik apel dan membeli oleh-oleh.

Sore harinya kami langsung mengikuti acara penutupan. Dan diakhir acara ada pengumuman juara sociopreneurship business plan. Alhamdulillah saya meraih Juara III (Rumah Kreasi Edubori), Juara I Nur Fitriyanto dari UNSOED (Bismika Edutoys), Juara II Haris Fadillah dari Universitas Lambung Mangkurat (Asap Cair dari Cangkang Karet).

Sedikit cerita diakhir acara, saya mendapat souvenir berupa Massage Oil made in Bali dari kak Bahar Sangkur (Kedokteran 2010, Universitas Udayana) dan mendapat hadiah dari LO terbaik Nur Mufidatul Hanum (FISIP 2012, UB) berupa keramik cantik boneka wisuda :)

Alhamdulillaah berakhir sudah rangkaian kegiatan IEC 2013. Acara yang diselenggarakan oleh Indonesia Youth Leaders Care (IYLC) UB bekerjasama dengan kemahasiswaan UB ini diisi dengan berbagai macam kegiatan seminar dan workshop kewirausahaan. Acara ini diikuti sebanyak 150 mahasiswa wirausaha terpilih yang merupakan perwakilan dari 25 perguruan tinggi di Indonesia.

Belakang sendiri ini saya (haha :D)

INDONESIA ENTREPRENEUR CAMP 2013 Brawijaya University #Day3

Sabtu, 23 November 2013

Pagi harinya kami menuju gedung Inbis UB  Lantai 4. Seminar (lagi). Pemateri pertama ada Pak Andik Top yang saya ingat kata-katanya: “Kita Boleh Bercita-Cita Pergi Ke Negara Manapun, Tapi Mulai Sekarang Cantumkanlah Satu Cita-Cita: Memperbaiki Indonesia”

Pemateri kedua ada Pak Aprizal dari Deputi SDM Kemenkop dan UKM yang menjelaskan pengembangan usaha berbasis usaha mikro bagi kami. Presentasi yang sangat lama dan sudah tidak kondusif membuat kami merasa bosan. Tapi selanjutnya kami langsung semangat ketika yang mengisi Ibu Mieke (Owner Burger Buto, Kedai 27 Malang),  lagi-lagi saya dibuat terinspirasi oleh pengusaha wanita yang tangguh dan gigih dengan latar belakang kisah yang tidak manis. Dan kata-kata yang saya dapat dari beliau adalah “Sehebat Apapun Kita, Jangan Pernah Lupakan Ibu Kita, Karena Doa Beliau Lah Yang Sangat Dahsyat”. Acara dilanjut talkshow dengan pemilik usaha Bakpao Telo (Lupa namanya, hehe)

Sore hari setelah Ashar. Tibalah saatnya saya untuk mempresentasikan social business project saya yang berjudul: “Rumah Kreasi Edubori: Wadah Kreativitas dan Edukasi” di hadapan para juri. Dan ternyata saya yang maju pertama. Dengan waktu 6 menit pemaparan dan 6 menit tanya jawab, saya ngebut menyampaikan gagasan saya. Dan akhirnya saya mendapat saran untuk produk boneka jari Edubori yaitu dengan menambah petunjuk pemakaian dan buku cerita.

Acara malam hari dilanjutkan dengan diskusi, dan memang saya sudah tidak nyambung saking ngantuknya, akhirnya saya tertidur. Hehe ._.V

INDONESIA ENTREPRENEUR CAMP 2013 Brawijaya University #Day2

Jumat, 22 November 2013

Pagi itu Olahraga ditiadakan, dan kami langsung menuju Widyaloka untuk mengikuti seminar kewirausahaan,  Talkshow yang pertama disi oleh Mbak Dewi Tanjung, CEO (Community Empowering Officer) sebutnya, beliau adalah pengusaha, owner dari De Tanjung (Usaha Handscraft daur ulang) yang pasarnya sudah merambah ke Ekspor. Mbak Dewi ini menceritakan usahanya yang benar-benar mulai dari nol dirintis, langkahnya sampai di Wirausaha Muda Mandiri kategori Kreatif dan menjadi ambassador Industri kreatif di Indonesia yang berhak mendapat beasiswa kuliah bisnis. Wanita yang tangguh dan menginspirasi. Yang saya ingat betul adalah beliau mengatakan bahwa dalam bisnis bukanlah kaya yang utama, tetapi karya. Sejauh mana bisnis kita mempunyai value bagi orang disekitar kita sehingga bermanfaat dan tetap sustainable.

Setelah dzuhur, acara dilanjutkan dengan kehadiran Hamzah Izzulhaq (Hamasa Indonesia) dengan bisnis Rainbow Kids, Bimbel Solusi, Picanto Sofabed, telah mengantarkannya menjadi Wirausaha Termuda di Indonesia. Sebelumnya saya juga tidak menyangka akan ada Hamzah Izzulhaq, ternyata ia diundang dan menggantikan Pak Gita Wiryawan yang berhalangan hadir karena tugas kenegaraan. Sore itu dengan gayanya yang kocak ia mengisi seminar dengan bercerita tentang pengalaman starting up bisnisnya sejak SMA. Semangatnya luar biasa dan yang saya ingat selalu darinya adalah “Jangan Bangga Dengan Gelar Sarjana, Tapi Banggalah Dengan Gelar Dagangan” kata-kata ini bermakna dalam bagi kami yang masih mahasiswa. Kesempatan ini sekaligus menjadi pertemuan ketiga kalinya dengan Hamzah Izzulhaq setelah sebelumnya pernah bertemu di Seminar Kewirausahaan di Undip dan di Unnes.

Setelah selesai malam harinya kami melaksanakan Charity Night. Gerakan berbagi dengan komunitas peduli kanker, kami menjual oleh-oleh khas yang kami bawa dari asal daerah kami. Alhamdulillaah acara Charity Night ini lancar.
Foto bareng 1 tim LO Hanum Jaya Corporation (Nur Mufidatul Hanum)

INDONESIA ENTREPRENEUR CAMP 2013 Brawijaya University #Day1

Kamis, 21 November 2013

Pagi itu saya dan adik tingkat saya Moch Huda Kurniawan (PGSD 2012), sampai di Universitas Brawijaya Malang pukul 09.00. Kami berdua adalah peserta dari Unnes yang lolos acara Indonesia Entrepreunership Camp 2013. Sesampainya di Widyaloka kami langsung bertemu dengan banyak teman dari berbagai Universitas. Salah satunya dari Universitas Sumatera Utara, Rahmad Ramadhan dan Fahrul Rozie Siregar. Kebetulan saya dan Bang Rozie satu LO (Nur Mufidatul Hanum). Bang Rahmad adalah mahasiswa Bidikmisi Ilmu Hukum 2010 dan Bang Rozie mahasiswa Teknik Industri Pertanian 2009. Seketika itu Bang Rahmad langsung bercerita tentang Bidikmisi di USU dan sharing antara kegiatan Bidikmisi di Unnes dan di USU.
Sampai siang hari kami dengan peserta lainnya menunggu waktu check-in penginapan pukul 13.30. Akhirnya saya mendapat teman sekamar Indah Dwi Astuti (Matematika 2011, UNJ). Kemudian teman kamar lainnya ada Fatimah Fitri Amalia dari Universitas Lampung, Aulia dari UIN Syiah Kuala Aceh, Lia dari Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS).

Sarapan di Kantin Universitas Brawijaya (Bakso Malang) with M Bugar Palmendo, and others

Foto bareng Trio Banjarnegara (Kholisa Nurjannah, UNY & Nabila, UNDIP)

Foto bareng di Tugu UB bareng (Huda, Nabila, Rizki, Kholisa, Kalam, Bugar, Bagus, Reza)

Foto bareng yang ada kak Desia nya

Setiap waktu, dimanapun ada aja mahasiswa yang diskusi

Foto bareng LO terbaik, Nur Mufidatul Hanum

Tepat pukul 15.30 acara pembukaan Indonesia Entrepreneurship Camp 2013 dimulai dan dibuka oleh perwakilan kemahasiswaan Universitas Brawijaya, tidak ketinggalan hadir pula ketua pelaksana yang luar biasa kak Tri Wahyu Budi Setiawan. Dengan MC kak Hamidah dan kak Slamet acara IEC 2013 dibawakan dengan sangat hebat.

Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan Motivation Training: Why I Want to Be An Entrepreneur? oleh Bang Jay Teroris (Penulis Buku “Monyet Aja Bisa Cari Duit”) Kata-kata yang sempat saya ingat adalah: “Sebenarnya puncak yang ingin kita capai ada di bawah kaki kita, maka raihlah”

Seusai motivation training, acara dilanjutkan dengan sholat Maghrib dan makan malam. Kemudian dilanjutkan dengan Talkshow Wirausahamuda dari Akh Muwafik Shaleh: Motivator sekaligus PD III FISIP UB. Beliau menekankan pentingnya hubungan dan jaringan dalam membangun sebuah bisnis sejak usia muda.

Acara hari pertama selesai sekitar pukul 22.00. Malang malam hari yang dingin mengiringi langkah kami dari Widyaloka menuju Griya Brawijaya tempat kami menginap.