Pages

Selasa, 14 Juni 2016

(T) (O) (E) (F) (L) *


Hello my blog! sekian lama tak menyentuhmu semenjak hari ulang tahunku :D bahkan baru sadar kalau kisah wisuda ku terlewatkan untuk ku tulis :D

Setelah nulis tentang prosesi wisuda S1 yang penuh dengan cinta #duhh (gara-gara si abang datang kali) bukan ding, tapi karena wisuda adalah salah satu hadiah kecil yang ku persembahkan untuk Ibu Bapak dan orang-orang yang ku sayang, termasuk kamu :p #makingaje

Okelah kali ini mau share tentang pengalaman Tes TOEFL ITP (sekali lagi pengalaman bukan tuntunan apalagi tutorial :D). Jujur setelah beberapa hari wisuda semakin bingung sebenarnya saya ini mau kemana ‘berasa orang ilang’. Beneran deh rasanya bingung banget, Alhamdulillah masih bisa kerja di almamater tercinta meskipun yaah cuma wara-wiri sih :D Tapi selain itu? Semakin banyak dihujani pertanyaan seperti: “kamu gak nglamar kerja di tempat lain?” – “kamu gak lanjut S2?’ – “kamu gak daftar dosen?” (dalam hati; yaelah S2 aja belom udah daftar dosen aja, sekarang beda jaman mas mbak gak kaya dulu S1 berprestasi IPK Cumlaude Lulusan Terbaik langsung jadi dosen) #gemez

IPK tinggi juga jadi beban #tsaah kenaapaa? Karena IPK tinggi seakan-akan saya tuh pinter banget (padahal enggak) Alhamdulillah atas kehendak Allah kalo itu mah hihi. Nah mulai deh beban itu semakin menghantui, saya mau gimana ya saya mau jadi apa ya, kuliah S2 enggak ada biaya, terus gimana, yaudah akhirnya apadaya jadi pejuang beasiswa bismillaah…. Tapi tapiii, kunci utama syarat utama apa coba, jangankan yang gak beasiswa, yang reguler aja kuliah S2 minta syarat ‘Sertifikat TOEFL’ untuk kuliah S2 di dalam negeri. Terus jadi berpikir, berarti tiket utama itu sertifikat TOEFL yak, duh ribet dah, suka sih bahasa inggris tapi kalau udah mulai ngerjain soal pening lah awak :D apalagi kali ini TOEFL ITP mbak bro. Setelah terdesak dengan pertanyaan orang lain dan pertanyaan dari jiwaku sendiri #duhdek akhirnya memutuskan ‘aku mau tes TOEFL ITP’. Yosh! Bismillaah aja deh waktu itu… pada saat yang sama banyak tuh di timeline facebook yang pada ganti foto profil dengan frame salah satu lembaga kursus bahasa inggris di Pare dan banyak yang posting tulisan tentang kelas Writing dan video Speaking. Alamak, macam mana pula itu, apa saya harus gitu juga supaya bisa dapet score minimal 500. Lihat tabungan, cek saldo, aduh I don’t have much money guys! Hiks. Agak sedih bingung cari cara gimana biar bisa lulus target score itu tanpa harus les. Akhirnya memohon pada Allah… “ya Allah tolong Anice yaa Allah, Anice ga punya uang banyak T_T”… berbekal doa dan nekad, waktu itu ditemenin adik kos Atik Setyani (adek kos kesayangan banget yang imut kayak hello kitty dan takut jatuh cinta hakhaks #ups) di awal Januari saya memutuskan untuk beli buku TOEFL Preparation di Gram*dia. Lihat dompet cuma cukup buat beli 1 buku dan nyari yang banyak Practice nya aja deh. Alhamdulillah nemu, waktu itu saya mikirnya: udah deh gausah banyak materi yang penting latihan a.k.a practices make perfect, ntar materi banyak download aja browsing. Tidak dipungkiri kalau mau tes TOEFL emang butuh Materi, Latihan, Mentor. Dan yang saya gak punya yaitu Mentor (yaiyalah gaya banget gak les). Tapi gimana lagi, uang gak nyampe guys buat preparation yang sampai 1 million lebih u_u jadi bener-bener mepet deh. Akhirnya dibelilah buku itu. Ada 10 practice exam dimana harus saya lahap. 50 soal listening, 40 soal structure & written expressions dan 50 soal reading artinya 140 x 10 = 1400 soal pokoknya ngalahin try out sekolahan deh T_T. Bener-bener tiap sabtu minggu saya bersemedi di kamar kos, dengerin native speakers cas cis cus dan dengan telaten nyari structure yang salah dan baca paragraf banyak (padahal gak suka baca) bener-bener weekend yang sangat menyiksa. Dan saya hanya memilih sabtu dan minggu pagi karena senin sampai jumat saya on duty (gaya banget padahal sih cuma wara-wiri hihi).
Oh ya niatnya sih mau tes Januari ternyata udah telat pas nelfon ke CLT Unika nya yang Januari udah ditutup. Akhirnya booking tes yang bulan Februari. Selama menunggu konfirmasi saya belajar belajar dan belajar biar pintar #uhhuk. Selama Januari saya melahap 6 paket soal bayangin aja rasanya udah mual dan sempoyongan. Kemudian saya ditelfon oleh pihak CLT untuk konfirmasi pembayaran tes senilai Rp 450.000,00 harga ini tergolong murah jika dibandingkan dengan univ lain (sempet survey harga saking randomnya pengin tes Januari wkwk). Jadwal tes tanggal 17 Februari 2016! Whoa! tambah deg-degan kaan makin deket sama D-day guys. Selama sebelum tes saya lahap habis 4 paket soal yang tersisa. Bener-bener rasanya frustasi banyak ketemu sama vocabs yang asing dan susah gak ngerti artinya L terus terus dari10 practice itu score tertinggi adalah 520 :D dan hanya 4 kali saya dapat score 500 lebih. Tambah frustasi kan. Dan latihan terakhir saya itulah saya dapat score tertinggi. Ini semacam harapan angin segar sekaligus peringatan “jangan terlalu PD nis!” nah kan makin nervous…..

Sebelum tes saya sempat pertimbangkan waktu, karena selama saya latihan saya tidak menggunakan Lembar Jawab Komputer (yang dibuletin itu). Padahal lembar jawab Toefl ITP kan banyak yang harus diisi, makan waktu banget deh pokoknya kayaknya.  

Tanggal 17 Februari pun tiba, tepat jam 09.00 saya masuk ruangan tes yang dingin dan ternyata seperti dugaan tak ada headphone nya guys, kita listening pake tape :D jadi inget UN SMK :D sempet nervous karena dapet urutan tempat duduk 22 (jauh dari depan mana mata minus ga bisa lihat instruction di whiteboard alamakkk) rasanya udah patah semangat, takut audio gak kedengeran jelas huwaaa. Oh ya karena saya gampang keringetan tangannya, saya sampai bawa tissue hihi. Pokoknya mirip kayak mau UN lagi deh haha kayanya saya yang lebay.

Oke deh Mr. nya udah mulai ngasih instruksi ngisi lembar jawab, kita diminta untuk mengabaikan perintah untuk membalik nama, jadi nama ditulis asli seperti KTP guys. Terus terus lanjut ke kolom identitas, kita disuruh ngisi pakai digit nomor KTP. Lanjut ke tanggal lahir, native language sama country code nya. Terus lanjut ke pertanyaan seperti sudah pernah berapa kali tes, untuk apa tes TOEFL ini, berapa lama belajar bahasa inggris, nah ini ternyata pilihannya ada di belakang lembar jawab (sempet bingung Mr.nya ngomongin apa haha) ternyata itu instruksi untuk memilih A, B, C, D, or E. terus jangan lupa tulis lagi perintah I here by bla bla terus sign it as if we sign a letter guys.

Oke mulailah melihat bulatan kosong berbaris dan berteriak “hitamkan sayaaa” :O okelah sabar, belum mulai karena soalnya disegel. Nah terus yang bikin sakit, kita ga boleh buka halaman selanjutnya sebelum ada perintah. Ini bukan saya banget karena biasanya kalo pas lagi direction saya langsung baca soal dan menebak pilihannya (ini trik gagal total dan bertentangan dengan aturan haha). Oke fine gapapa deh harus ekstra perhatian saat listening. Terus kalau udah ganti section, kita ga boleh buka-buka soal di pages sebelumnya hiks. Sekali lagi itu bukan  saya banget L oke inilah kenyataan pahit yang harus dihadapi. Listening dimulai! Alhamdulillah audio nya mendukung, jelas, dan percakapannya juga tidak terlalu cepat. Alhamdulillah listening section optimis deh. Cuma missed di bagian lecture karena sibuk ngehapus pilihan yang salah, kebiasaan ragu-ragu memang gak baik guys, bikin lama. Oke next, structure, di section 2 cukup bikin berpikir keras dan ternyata waktunya cepet banget! Oke keep calm dan tetap cermat saat supervisor remind us bahwa 5 minutes left. Cepet-cepet jawabnya deh.
Oke structure lewat dengan sedikit rasa sesal. Lanjut ke Reading, disini saya mulai lelah, mulai kacau alias chaotic! Apa-apaan ini soalnya bikin mikir keras, iyalah reading dimana kita harus cermat memaknai soal. Apalagi main idea, aduh dekkk itu susah ditebak. Dannn negara vocab yang sulit kumengerti bikin nyesel sepanjang perjalanan pulang ditambah kehabisan waktu di 15 soal terakhir bener-bener random. Rasanya udah pasrah. Failed! T_T nangis dalam hati. Ternyata trik di bagian reading ku kurang. Kehabisan waktu terlalu banyak berpikir saat mengerjakan closest meaning. Tapi tak apalah yasudahlah. Semua berlalu. Datang kerjakan lupakan. Hahaha. Nekad maksimal pokoknya mengandalkan keberuntungan dari Allah… yang penting sudah berusaha. Sempat berfikir bahwa score saya tidak sampai 500. Harus ngulang keluar uang lagi. Oh tidaaakkkk!!! Bener-bener 2 minggu yang mendebarkan nunggu hasil.

Jreng jreengg… sudah dua minggu tak ada kabarnya. Saya tunggu lalu tetap tak ada kabar, akhirnya saya telfon pada tanggal 7 Maret 2016. Ternyataaa hasil tesnya sudah keluar sejak tanggal 29 Februari 2016. Katanya saya ditelfon 3 kali tapi sibuk terus. Iya sepertinya waktu itu lagi wara-wiri untuk auditing di kantor yang super menguras hati dan tenaga.

Akhirnyaaaa tanggal 7 Maret 2016 saya ambil hasil tes TOEFL ITP saya dan taraaaaaa alhamdulillaah lebih dari 500, my score is 533. Senang rasanya dan bersyukur karena mencapai target cukup untuk modal cari beasiswa dalam negeri. Faidza faroghta fanshob… setelah selesai satu urusan maka selesaikan dan lanjutkan urusan berikutnya… ini tandanya perjuangan harus berlanjut lagi sebagai pejuang beasiswa. Kadang memang proses yang lama membuat lelah, membuat ingin nyerah dan ingin nikah aja #eh #duh jadi random gini. Stop ngomongin nikah dulu lah yaa haha walaupun itu masuk list mimpi wkwk #selucuitu.

Syukuri jalani dan perjuangkan! Semangat nis ! Biidznillaah….

*) "TOEFL adalah kepanjangan dari Test Of English as a Foreign Language (Test Bahasa Inggris sebagai bahasa asing), yang dibuat oleh ETS (Educational Testing Service), sebuah lembaga di Amerika Serikat."

1 komentar:

  1. Dulu beli buku toefelnya yang terbitan mna ka? Terus bagi tips dan trik buat persiapan toefel gmna?

    BalasHapus