Pages

Rabu, 29 Juni 2016

Seleksi Administrasi LPDP

Halo blogger walker sekaligus LPDP hunter, kali ini saya mau share tentang seleksi beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) khususnya jalur Afirmasi Alumni Bidikmisi (karena ada jalur Afirmasi daerah 3T dan Afirmasi Prestasi bisa dilihat di panduan Beasiswa Afirmasi). Di postingan kali ini dan seterusnya saya akan membahas tentang seleksi beasiswa Afirmasi Alumni Bidikmisi (syarat-syarat dapat dilihat di panduan Beasiswa Afirmasi, salah satunya adalah alumni Bidikmisi dengan IPK > 3,50). Sebelum mendaftar online melalui http://www.beasiswa.lpdp.kemenkeu.go.id/ pastikan kita sudah membaca FAQ dan mengunduh panduan Beasiswa Afirmasi yang ada di halaman log in akun LPDP. Setelah itu, kita dapat memulai membuat akun dengan alamat email aktif yang kita miliki. Setelah masuk ikuti pengisian formulir Universitas Tujuan, Lokasi Seleksi (saya memilih Yogyakarta yang terdekat dengan Semarang) dan apakah kita sudah mempunyai Letter of Acceptance (LoA) atau belum. Kemudian langkah berikutnya adalah mendaftar dengan mengisi data diri dan orang tua, kemudian pastikan kita klik di bagian apakah kita akan mendaftar beasiswa Afirmasi. Pilih universitas tujuan dan jenis jalur afirmasi, saya pilih alumni Bidikmisi. Setelah mengisi data diri dan orang tua, kita lanjut mengisi Riwayat Pendidikan dan Pekerjaan, Pengalaman Organisasi (SMP, SMA, Perguruan Tinggi, Organisasi Kemasyarakatan), Informasi Lainnya yang meliputi Prestasi Lain yang diunggulkan, Bahasa Asing (mengetik skor TOEFL yang kita miliki dan lembaga dimana kita tes), Pengalaman Pelatihan/Workshop, Pengalaman Riset, Karya Ilmiah (buku, jurnal, makalah), Pengalaman Konferensi dan Seminar, Penghargaan. Pastikan semua kolom terisi, saya mengosongkan kolom karya ilmiah karena saya tidak memiliki proceeding jurnal yang pernah saya presentasikan dalam seminar. Saya juga mengosongkan bagian pengalaman kerja, karena saya belum mempunyai pekerjaan yang tetap setelah lulus sehingga saya kosongkan. Saya sempat menyesal setelah submit, takut jika bagian kosong ini dapat menyebabkan saya tidak lolos seleksi administrasi maupun substansi. Sebaiknya pengalaman pekerjaan apapun kita masukkan seperti asisten laboraturium, ataupun pekerjaan sementara setelah lulus.
Setelah semua form terisi, bagian terakhir adalah kita mengunggah semua dokumen yang terdiri dari:
  1. Sertifikat TOEFL ITP; Skor minimal TOEFL untuk pelamar beasiswa Afirmasi dalam negeri dan luar negeri adalah 400. Bagi pelamar yang nantinya diterima, jika TOEFL kurang dari 500 maka harus mengikuti program Pengayaan Bahasa (PB) selama 3 bulan/6 bulan/12 bulan sampai target skor terpenuhi.
  2. Essay; Kontribusiku bagi Indonesia dan Sukses Terbesar dalam Hidupku (maksimal 700 kata); Untuk essay kontribusi saya mengikuti panduan yaitu kontribusi yang telah, sedang dan akan saya lakukan yang kebanyakan saya lakukan melalui organisasi dan juga di luar organisasi. Essay sukses terbesar dalam hidupku saya tulis tentang perjalanan hidup saya dalam memaknai kesuksesan terbesar dalam hidup. Essay ini kita copy paste dari Ms. Word, jadi diunggah dalam bentuk entry, bukan bentuk file.
  3. Rencana studi; berbeda dengan essay, rencana studi diunggah dalam bentuk file pdf. Saya menulis rencana studi terkait rencana topik tesis yang akan saya ambil yaitu tentang pengembangan media pembelajaran ekonomi khususnya bidang administrasi perkantoran. Selain itu di awal tulisan saya menulis alasan saya memilih universitas dan jurusan yang saya tuju. Saya juga menuliskan rencana kegiatan selama dan setelah menempuh studi S2.
  4. Surat rekomendasi; Surat rekomendasi yang saya unggah ada dua yaitu surat yang saya minta dari Wakil Dekan Akademik dan Ketua Jurusan sekaligus Dosen Wali saya sewaktu kuliah. Untuk meminta surat rekomendasi, ada baiknya jika memilih pihak-pihak yang mengenal kita sewaktu kuliah dan mengenal rekam jejak akademik kita sewaktu kuliah S1.
  5. Persiapan berkas yang harus discan dan diunggah:
a.    Surat Keterangan Tidak Mampu dan Keterangans Penghasilan Ortu
Saya dapatkan di Balai Desa dengan surat pengantar dari RT
b.    SKCK
Saya memproses surat pengantar dari RT kemudian meminta persetujuan di kantor kecamatan, meminta pengantar dari Polsek dan mengajukan ke Polres. Di Polres saya mengisi form yang cukup banyak terkait keterangan kelakuan baik. Biaya administrasi dikenakan Rp 10.000,- tidak sampai 1 jam sudah jadi.
c.    Surat Keterangan Sehat dari Dokter Rumah Sakit Pemerintah
Saya mengurus surat ini di RSUD Banjarnegara, biayanya Rp 46.000,- kalau tidak salah Rp 30.000,- untuk pendaftaran dan Rp 16.000,- untuk cek kesehatan untuk mendapatkan surat keterangan sehat.
d.    Surat Bebas Narkoba
Saya sempat ditawari untuk tes bebas narkoba, tapi saya ragu apakah menggunakan surat bebas narkoba atau tidak mengingat biayanya Rp 100.000 sehingga saya berpikir ulang dan memutuskan jika memang ternyata menggunakan saya akan buat di RSUD Kota Semarang karena saya harus berangkat ke Semarang.
Setelah membaca panduan lagi dengan seksama ternyata benar bagi pelamar dalam dan luar negeri wajib melampirkan surat keterangan sehat dan bebas narkoba dari dokter rumah sakit pemerintah. Akhirnya saya membuat di RSUD Kota Semarang 40 menit dari kampus, dengan biaya Rp 95.000 untuk tes bebas narkoba dan menunggu 1 hari untuk dapat mengambil hasil tes urin.
e.    Surat keterangan alumni bidikmisi
Saya sempat mengurus mendekati deadline di bagian kemahasiswaan Unnes untuk meminta surat keterangan alumni bidikmisi.
f.     Scan Surat Pernyataan sesuai format yang ada di panduan dan bermaterai Rp 6000,-
g.    Scan Ijazah dan transkrip
h.    Scan KTP, Kartu Keluarga, dan Rekening listrik 3 bulan terakhir (saya gunakan Desember, Januari dan Februari karena saya mendaftar 13 April dan tagihan untuk Maret belum keluar)

Setelah semua dokumen diunggah, terakhir adalah klik untuk checklist bahwa semua data yang diunggah adalah benar, kemudian Submit, waktu itu hari Rabu, 13 April 2016 pukul 11.10 suasana hujan dan setelah sarapan yang sangat tidak enak kebawa perasaan gugup mau submit data :D atau mungkin lauknya yang cuma tahu tempe dan sayur tauge (kalau kata orang jawa “anyeb” :D ) rasanya luar biasa waktu hari submit.


Alhamdulillaah semua proses seleksi administrasi saya dibantu oleh abang Darwan Saputra yang mengenalkan saya ke Harlisa temannya yang lolos beasiswa Afirmasi batch 1 bulan Maret 2016. Thank you for your help abang dan Lisa… :D Tinggal menunggu tanggal 27 April 2016 untuk pengumuman lolos seleksi administrasi… 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar