Pages

Selasa, 14 Juni 2016

WISUDAWATI TERBAIK (?)



Bismillaah.. setelah sekian lama nggak nulis yaa.. kangen blogging hehe…okelah kali ini harus hirup nafas dalam-dalam buat ngetik dan post cerita kali ini… Perjalanan kisah yang dirangkum semenjak awal kuliah sampai wis-udah… (-_-) bersedia, siap, mulai :D
Tahun 2015 merupakan tahun dimana saya dapat menyelesaikan studi yang saya tempuh di Jurusan Pendidikan Ekonomi tepatnya pada program studi Administrasi Perkantoran. Alhamdulillaah atas kehendak Allah saya dapat melalui semua proses perkuliahan dengan baik. Empat tahun menyandang status mahasiswa memberikan makna yang berarti bagi saya, karena selama empat tahun saya mendapatkan banyak hal yang belum pernah saya lalui sebelumnya. Aktivitas kuliah sudah menjadi suatu kewajiban utama bagi saya disamping aktif berkarya di organisasi. Kegiatan keilmiahan menjadi pilihan saya untuk melengkapi aktivitas kuliah saya. Pada awal masuk perkuliahan tahun 2011 saya masih belum malu untuk menuliskan mimpi saya. Saya memberanikan diri untuk mulai belajar tentang karya ilmiah karena pada saat itu saya berpikir bahwa seorang mahasiswa pada akhirnya akan menyusun skripsi, sehingga perlu bekal untuk itu. Pada tahun 2012 saya mulai bergabung dengan organisasi keilmiahan Komunitas Ilmiah Mahasiswa Ekonomi (KIME). Saat itu saya masih sangat antusias dan berapi-api dalam menulis meskipun sudah pasti tulisan saya acak adul dan seenaknya sendiri bahkan saya bisa tertawa membaca judul dari esai-esai yang pernah saya buat :D Pada tahun 2012 juga saya mulai menulis Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Selain saya bergabung dalam organisasi keilmiahan, saya juga sangat menyukai hal-hal yang berkaitan dengan kewirausahaan (entrepreneurship) maka dari itu saya sering mengikuti seminar kewirausahaan. Saat itu saya berpikir saya perlu menambah skill saya di bidang bisnis. Dua semester awal saya lalui dengan kegiatan keilmiahan dan kewirausahaan.
Tidak jauh berbeda dengan tahun 2012, pada tahun 2013 saya juga masih melakukan aktivitas yang sama; kuliah, organisasi dan kegiatan kewirausahaan. Ada yang berbeda dari tahun sebelumnya karena saya berkesempatan menjadi asisten laboraturim di jurusan. Alhamdulillaah perkuliahan tetap lancar. Pada tahun 2014 saya mendapat amanah sebagai Ketua Komunitas Ilmiah Mahasiswa Ekonomi dan tidak lagi menjadi asisten laboraturium, selain itu saya juga bergabung dalam organisasi teknologi yaitu Unit Kegiatan Mahasiswa Rekayasa Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (UKM RIPTEK) dalam kementerian Technopreneurship. Sekilas tentang technopreneurship yang saya pahami waktu itu adalah kegiatan kewirausahaan yang berbasis teknologi dan cenderung menjual barang/jasa yang berkaitan langsung dengan teknologi. Memang, pada saat itu saya masih menjalankan usaha saya yaitu Boneka Jari Edubori, hasil dari Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKMK) yang didanai DIKTI pada tahun 2013. Menjelang penghujung tahun saya mulai disibukkan dengan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dan juga Kuliah Kerja Nyata (KKN), tidak banyak yang saya lakukan untuk organisasi, hanya sebatas memantau koordinasi dari adik-adik tingkat. Memasuki tahun 2015 tibalah saatnya dimana saya memulai skripsi saya, waktu itu saya langsung memilih topik tentang keterampilan mengetik sepuluh jari dalam pembelajaran perkantoran. Mengapa? Saya berpikir bahwa keterampilan tersebut sangat penting bagi lulusan SMK Administrasi Perkantoran. Alhamdulillaah ada petunjuk pada saat observasi. Saat itulah masa-masa bersabar menanti bimbingan dengan dosen, masa-masa bingung mencari literatur, masa-masa dimana saya harus memeras ide untuk menulis karya ilmiah yang sebenarnya….

Prestasi Akademik
Semenjak SMP, saya menjadi juara I paralel setiap semesternya (semester 2 s.d. semester 5) dimana nilai raport saya adalah yang paling tinggi dari semua siswa satu sekolah. Saat kelulusan saya pun mendapat nilai UN yang tertinggi. Memasuki SMK, saya juga mendapat peringkat 1 di kelas, mendapat nilai 10 untuk UN Matematika dan menjadi peringkat 1 juga saat lulus. Rasanya Allah selalu memudahkan setiap langkah, Allah mengabulkan setiap doa pencapaian saya dalam belajar di sekolah. Alhamdulillaah… hingga saat masuk perkuliahan Allah memudahkan rejeki dan saya mendapatkan beasiswa Bidikmisi…
Pada saaat Program Pengenalan Akademik (PPA) masih ingat betul saya mendapatkan tugas dari kakak pendamping untuk membuat dream list dan life plan 10 tahun kedepan. Salah satu yang saya ingat adalah saya menuliskan tentang besaran IPK yang ingin saya raih. Alhamdulillah saya selalu mendapatkan IPK cumlaude… hingga akhirnya saat wisuda saya mendapat IPK 3.91 dan menjadi ‘wisudawati terbaik’ di wisuda periode III tahun 2015.

Terbaik versi yang seperti apa?
Pada saat pembekalan wisuda saya diberitahu oleh ketua jurusan saya yang mengatakan bahwa sebenarnya saya adalah wisudawati terbaik se-universitas, tapiii karena saya telat daftar 1 hari aja, maka bukan  nama saya yang keluar sebagai yang terbaik…lagi, saya bertanya terbaik yang seperti apa ? :o hal ini sempat membuat saya gemez :D kenapaa, karena ribetnya alur administrasi skripsi yang membuat saya harus membayar SPP hikshiks, akhirnya wisuda pun harus bayar karena secara sistem, status mahasiswa bidikmisi saya terhapus. Sempet nyesel kenapa waktu itu buru-buru bayar SPP, saya ingat batas lulus adalah 28 Agustus 2015. Tetapi nilai saya baru divalidasi pada tanggal 31 Agustus 2015. Telat kan huhuhu.. tapi ya gapapa sih semua ada hikmahnya… mungkin belum rejeki saya…


Jadwal wisuda universitas waktu itu 21 Oktober 2015 dan wisuda fakultas 24 Oktober 2015
Kesempatan wisuda fakultas saya gunakan untuk berfoto dengan teman-teman saya. Banyak yang bertanya kok bukan saya yang duduk di depan haha. Yaa biarlah malah kalau di belakang saya bisa foto-foto sama kalian. Begitu jawab saya. Saat wisuda universitas ini Ibu dan Bapak belum hadir, tetapi yang hadir menjadi pendamping adalah abang saya.



Pada saat wisuda fakultas, Ibu dan Bapak hadir, hanya saja kurang lengkap rasanya tidak ada kakak-kakak saya yang menemani. Tapi hal itu tidak mengurangi kebahagiaanku. Menjadi wisudawati terbaik tingkat fakultas. Ya, itulah yang saya dapatkan setelah 4 tahun berada di FE Unnes. Saya diminta untuk memberikan sambutan mewakili wisudawan wisudawati. Dengan arahan Wakil Dekan I dan Wakil Dekan III, saya memberikan sambutan di hadapan rekan-rekan wisudawan. Ini adalah bagian dari pengalaman hidup saya, semoga hal kecil seperti wisuda dan menjadi wisudawati terbaik dapat membuat Ibu Bapak bangga….


“….upacara wisuda bukanlah sekadar perayaan semata karena kami betul-betul harus memaknai bahwa kelulusan bukanlah akhir, melainkan awal dari perjuangan sesungguhnya. Dengan diwisudanya kami, bukanlah sebuah prestasi puncak, karena di depan berbagai tantangan telah menghadang kami, terutama tantangan dalam kehidupan bermasyarakat sebagai implementasi dari berbagai teori yang telah kami peroleh selama kami mengikuti kegiatan perkuliahan….”
(kutipan teks sambutan wakil wisudawan, 2015)


Wisuda bukanlah akhir, justru setelah wisuda semakin banyak yang bertanya:
-          Udah kerja dimana?
-          Gak lanjut S2? Kamu kan pinter, eman-eman (sayang banget)…
-          Kapan nikah? (yang ini the most scaring question)
Saya hanya berusaha di bumi Allah ini, semoga Allah memudahkan dan Allah ridho dengan langkah yang saya ambil kedepannya….. aamiin….


Tidak ada komentar:

Posting Komentar